Istilah Dalam Scanner


RESOLUSI: jumlah titik gambar yang di-scan. Ukurannya dpi . resolusi dibedakan antara optic dan inetrpolar. Optic menunjukan jumlah yang sebenarnya dari titik gambar yang dibaca. Interpolar menunjukan maksimal resolusi secara matematis yang tidak dapat dicapai dalam kenyataan ((sering ditunjukan sekitar 4800 dpi).

CCD: Singkatan dari Coupied Charge Device, yaitu sebuah sensor dalam scanner yang dapat memproyeksikan ketajaman gambar lebih baik dibandingkan dengan CIS.

CIS: Singkatan dari Compact Image Sensor, yaitu sensor yang hemat listrik dan lebih ringkas disbanding dengan sensor dengan CCD.

DPI: Dot per Inch. Sebuah scanner dengan 1200 dpi dapat mencakup 1200X1200 titik per inci kuadrat, Satu inchi sama dengan 2,54 cm.

ADAPTER NEGATIF: Sebuah komponen tambahan sehingga scanner biasa dapat membaca foto slideshow. Caranya dengan menyinari kedua sisinya. Scanner foto khusus telah diproduksi dengan fungsi ini langsung.

KETAJAMAN WARNA: Diukur dalam bit, yaitu berapa banyak warna yang dapat dikenal scanner dari objeknya. Untuk ukuran sekitar 30 bit, scanner dapat menghasilakn 1,07 miliar warna.

OCR: Singkatan dari Optical Character Recognition, digunakan untuk pengenalan teks. Dengan menggunakan Software OCR, foto/gambar yang telah di-scan dapat diubah atau diterjemahkan ke dalam dokumen teks.

(*dari berbagai sumber*)

Silakan Berkomentar dan Mari Berbagi..!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s