Rekan Kerja Menyebalkan? Begini Hadapinya


ORANG yang menyebalkan bisa hadir di mana saja, tak terkecuali di lingkungan pekerjaan. Namun jangan khawatir, dengan cara yang tepat, Anda dapat menghadapinya dengan baik.

Anda tak dapat memilih keluarga, namun Anda dapat memilih teman. Meski demikian, pernahkah mendapati kenyataan bila ternyata Anda harus bekerja dengan orang yang menyebalkan?
Lucy Seifert, seorang life coach mengidentifikasikan beberapa jenis teman menyebalkan, salah satunya the manipulator.

Orang tipe ini memang sulit untuk dihadapi. Setidaknya Anda akan menemukan satu orang dengan tipe ini di kantor. Anda seringkali merasa ada yang salah dengannya, namun tak dapat menjelaskan dengan pasti.

Manipulator menggunakan beragam trik, mulai dari sarkasme, pujian palsu, dan berbagai cara untuk membuat Anda melakukan apa yang dia mau. Salah satu ciri-cirinya dengan memuji, “Anda sangat hebat, tak ada yang dapat melakukannya selain Anda.” Atau ketika Anda harus membuat sebuah keputusan, dia akan berkata, “Tak ada yang akan setuju dengan Anda.”


Cara menghadapinya


Pertanyakan

Anda perlu menghadapi orang seperti ini dengan tenang. Misalnya dengan mempertanyakan kembali apa yang dia ucapkan. Setiap kali dia berusaha memengaruhi Anda dengan kata-kata negatifnya, pertanyakan lagi kebenarannya. Bila berbohong, dia akan kesulitan menjawab dan memberi berbagai alasan.


Utarakan pikiran Anda

Taktik lainnya dengan memberinya sudut pandang baru dengan mengatakan apa yang Anda pikirkan. Anda juga perlu memberi tahunya secara langsung, sehingga dia menyadari bahwa Anda tak terpengaruh dengan aura negatifnya.

Tentukan sikap

Anda boleh saja memintanya berubah, namun tak bisa memaksanya. Jadi, jangan terkejut bila dia kembali pada kebiasaan lamanya. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan ialah sadar dan bersikap tidak terpengaruh olehnya, demikian seperti dikutip So Feminine.
(tty)

oleh: Gita Ramadian – Okezone, Sumber:http://lifestyle.okezone.com

Silakan Berkomentar dan Mari Berbagi..!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s