Menemukan Jati Diri Anda


Saat ini kami akan berbagi sebuah cerita dari Erika Merano, HR & Admin Manager SSIP Asia Inc yang saat itu menghadiri wisuda kelulusan adiknya. Ia tiba-tiba terbayang masa yang sama delapan tahun yang lalu dimana kebahagiaan mendapatkan gelar sarjana amat sangat dirasakannya. Tidak perlu lagi mengerjakan tugas kuliah ataupun belajar untuk menghadapi ujian. Satu hal yang terbayang adalah untuk segera mendapatkan pekerjaan dan memiliki uang dari hasil kerja keras sendiri. Semuanya terlihat sangat mudah pada saat itu.

Adiknya yang baru lulus bercerita bahwa ia merasa ragu dan takut untuk memasuki dunia kerja. Erika berkata bahwa semua orang mengalami hal tersebut, ia kemudian teringat kembali bagaimana semuanya ia mulai hingga apa yang terjadi pada dirinya pada saat ini.

Erika merupakan seorang lulusan IT. Ia pertama kali bekerja sebagai seorang staf marketing pada sebuah perusahaan real estate. Pada saat itu tidak ada perusahaan IT yang tertarik untuk menerimanya, kemampuannya yang kurang dalam pemrograman dan tidak memiliki pengalaman bekerja merupakan salah satu penyebabnya, akan tetapi hal tersebut tidak menurunkan semangatnya. Ia tetap mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Pada akhirnya Ia di terima sebagai pegawai pelatihan pada sebuah perusahaan asuransi terkenal di Makati. Setelah empat tahun bekerja secara professional di bidang IT ia merasa menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar pemrograman. Ia menghabiskan dua tahun sebelum pada akhirnya memutuskan untuk melakukan perubahan karier. Keputusan tersebut bukan merupakan keputusan yang mudah karena ia harus melepaskan gajinya yang besar, jabatan yang sudah dimilikinya serta hasil dari berbagai pelatihan dan pengalaman yang sudah dijalaninya. Diluar semua hal tersebut ia harus memulai dari bawah kembali yang berarti ia akan mendapatkan gaji yang lebih kecil dari sebelumnya. Kebanyakan perusahaan tidak mau menerima shifters atau job hoppers karena dianggap tidak memiliki tujuan yang jelas dalam karier mereka. Akan tetapi Erika tetap menjalaninya karena Ia menganggap bahwa hal tersebut sepadan dengan resiko yang diambil.

Minatnya tersebut kemudian membawanya kepada industri SDM, tanpa pengalaman bekerja di bidang ini dan latar belakang pendidikan yang mumpuni Ia memiliki kesulitan untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Ia dapat melakukan pekerjaan ini. Kemudian Ia menyadari bahwa Ia dapat menggabungkan IT dan SDM untuk mengembangkan kariernya. Ia mulai bekerja sebagai HRD di perusahaan yang bergerak di bidang IT kemudian ua mengembangkan kariernya dengan bekerja di perusahaan konsultan IT multi nasional. Pada akhirnya Ia dipromosikan untuk menduduki jabatan HR & Admin Manager.

Pelajaran yang bisa diambil adalah:

Untuk para lulusan baru: Sudah sewajarnya kalian memiliki rasa takut dan keraguan, akan tetapi kalian juga harus ingat bahwa bahkan CEO dari sebuah perusahaan ternama memulai dari bawah. Saat ini adalah saat yang tepat untuk Anda untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya hingga pada akhirnya kalian akan tahu apa yang kalian inginkan dalam karier. Tidak perlu terburu-buru, seraplah ilmu sebanyak-banyaknya.

Untuk para professional yang ingin melakukan perubahan karier: Tidak pernah ada jalan buntu, tidak pernah terlambat bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Hidup dengan tujuan yang jelas jauh lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang lebih akan tetapi membuat Anda merasa tidak nyaman. Bekerja dengan penuh hasrat akan dapat menunjukkan hasil yang terbaik.

Sumber: Jobstreet.com

Silakan Berkomentar dan Mari Berbagi..!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s